Home » » Jenis Mode Warna Pada Gambar (Image)

Jenis Mode Warna Pada Gambar (Image)

Ada beberapa mode warna yang dapat digunakan pada gambar atau Image. Masing-masing mode warna mempunyai maksud dan tujuan yang berbeda, yang juga berpengaruh terhadap besarnya file dan banyaknya layer yang digunakan. Beberapa mode warna yang sering digunakan diantaranya adalah : 

A. Mode warna RGB
Biasa digunakan untuk menampilkan warna dalam layar monitor, karena hampir semua jenis layar monitor menggunakan kombinasi atau campuran warna merah, hijau dan biru (red, green& blue). Ketika kita menggunakan mode warna RGB, pada channel pallete diuraikan kedalam tiga pemisahan warna, yaitu warna merah, hijau dan biru yang ketiganya.

Dengan demikian image ini mempunyai tiga kanal yang masing-masing kanal mempunyai 8 bit perpiksel. Sehingga jumlah bit keseluruhan adalah 24 bit per piksel. Struktur image yang dihasilkan layar monitor dengan image hasil pencetakan mempunyai perbedaan, sehingga menjadi suatu hal yang biasa apabila tampilan di layar monitor akan memberikan hasil yang berbeda pada hasil pencetakannya.

B. Mode Warna CMYK
Image yang menggunakan mode warna ini terbentuk dari empat warna, yaitu Cyan, Magenta, Yellow dan Black. Masing-masing mempunyai 8 bit per piksel, sehingga jumlah bit keseluruhan 32 bit per piksel. mode warna CMYK ini biasa digunakan pada alat pencetakan image seperti printer dan alat cetak lainnya. Dalam proses pencetakan image, image yang akan dicetak dibagi kedalam empat warna, sehingga dibutuhkan empat tinta warna untuk membentuk sebuah image atau gambar.

C. Mode Warna Lab
Mode Warna ini dikembangkanolh Commission Internationale d'Eclairage (CIE). dibagi menjadi tiga kanal. Kanal pertama berisi infomasi Lightnes, kanal kedua berisi informsi warna adan b dan kanal yang ketiga berisi informsi warna b (warna kromatik biru sampai kuning)

D. Mode Warna Bitmap
Mode warna ini terdiri atas satu bit warna (hitam atau putih) perpiksel. Apabila image berwana diubah  menjadi mode warna Bitmap, maka warna asli image tersebut akan berubah menjadi hitam dan putih. Biasanya mode warna image ini akan digunakan untuk mencetak image dengan hasil pencetakan hitam putih.

E. Mode Warna Grayscale
Mode warna ini hampir sama dengan mode warna Bitmap, namun memiliki nilai sampai 8 bit

F. Mode Warna Duotone
Mode warna ini menggunakan 2 buah kanal warna, dan dapat ditentukan warnanya sesuai dengan keinginan kita.

Semoga bermanfaat, selamat dan semoga sukses
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Wawasan Ilmu dan pengetahuan

Post Comment

0 comments:

Post a Comment

 
Didukung Oleh : Wawasan Ilmu dan pengetahuan | Imam Fahrudin's Facebook | @Thecyberspace
Copyright © 2014. Wawasan Ilmu dan Pengetahuan - All Rights Reserved
Dimodifikasi Oleh Imam Fahrudin
Powered by Blogger