Home » » Asal Mula Nama Indonesia

Asal Mula Nama Indonesia

Istilah indonesia pertama kali ditemukan oleh seorang ahli etnologi ingris yang bernama James Richardson logan pada tahun 1850 dalam ilmu bumi. istilah indonesia juga digunakan oleh G. W. Earl dalam bidang etnologi. G.W. Earl menyebut indonesia dengan sebutan melayunesians bagi penduduk kepulauan melayu.

Pada tahun 1862 istilah indonesia digunakan oleh orang inggris bernama Maxwell dalam karangannya yang berjudul The island of Indonesia (Kepulauan Indonesia) dalam hubungannya dengan ilmu bumi. Istilah Indonesia semakin populer ketika seorang ahli etnologi jerman yang bernama Adolf  Bastian menggunakan istilah indonesia pada tahun 1884 dalam hubunganya dengan etnologi.

Kata Indonesia dari bahasa latin yaitu "Indus" dan yang berarti Hindia dan kata Yunani "Nesos" yang berarti pulau, nesioi (jamak) berarti pulau-pulau. dengan demikian kata Indonesia berarti pulau-pulau Hindia.

Indonesia dikenal pula dengan kata Nusantara. kata nusantara berasal dari kata bahasa jawa kuno yaitu Nusa yang berati pulau dan antara yang berarti hubungan. Jadi Nusanatara berarti rangkaian pulau-pulau.

Bangsa indonesia pertama kali menggunakan kata Indonesia secara politik. digunakan oleh perhimpunan indonesia  yaitu, organisasi yang didirikan oleh pelajar-pelajar indonesia di negeri Belanda pada tahun 1908. Organisasi tersebut pertama kali bernama Indische Vereniging, kemudian nama itu diganti menjadi indonesische vereeniging pada tahun 1922, selanjutnya pada tahun 1922 juga namanya diganti Perhimpunan Indonesia.

Pada tahun 1928 konggres pemuda II di jakarta menggunakan istilah indonesia dalam hubungan dengan persatuan bangsa. Konggres pemuda II tersebut pada tanggal 28 Oktober 1928 menghasilkan sumpah pemuda yang di dalamnya tercantum nama Indonesia. Istilah indonesia secara resmi digunakan sebagai nama negara kita pada tanggal 17 Agustus 1945 dengan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Selamat dan sukses

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Wawasan Ilmu dan pengetahuan

Post Comment

0 comments:

Post a Comment

 
Didukung Oleh : Wawasan Ilmu dan pengetahuan | Imam Fahrudin's Facebook | @Thecyberspace
Copyright © 2014. Wawasan Ilmu dan Pengetahuan - All Rights Reserved
Dimodifikasi Oleh Imam Fahrudin
Powered by Blogger